«

»

Jul 25

Pulau Penyu

Pulau penyu Tanjung Benoa, apakah anda pernah mendengar atau mungkin anda pernah berkunjung ke tempat ini? Jika anda belum pernah berwisata ke tempat ini, maka ada sepatutnya membaca artikel kami, tentang tempat wisata di pulau penyu di Bali.
Pulau Serangan, lebih dikenal sebagai Pulau Penyu, adalah sebuah pulau dengan luas hanya 379 hektar dan berjarak 250 meter di lepas pantai tenggara Bali. Ukuran pulau tersebut kira-kira 112 hektar sebelum dilakukannya reklamasi di akhir tahun 90-an yang merupakan proyek jalan yang menghubungkan pulau tersebut ke Bali. Pantai di pulau ini merupakan salah satu tempat yang disukai untuk berselancar. Pulau Serangan juga terkenal bagi masyarakat Bali sebagai lokasi Pura Sakenan, salah satu Pura yang paling banyak dikunjungi untuk kegiatan keagamaan di bagian selatan Bali.
Menurut sejarah, Pura Sakenan dibangun oleh Mpu Kuturan pada abad ke-10. Beliau adalah seorang Pendeta Hindu dari Kerajaan Majapahit yang datang ke Bali sebelum jatuhnya Kerajaan Majapahit. Pura ini terdiri dari dua bagian yang terpisah, bagian yang besar telah direnovasi tetapi pagar yang terbuat dari batu belum direnovasi dan bagian yang kecil adalah warisan dari masa lampau. Bangunan kuno Pura ini dibangun dengan menggunakan batu kapur dan karang merah. Di halaman Pura terdapat dua pohon besar dan tinggi, yang mengenakan kain kotak-kotak hitam dan putih karena pohon ini dianggap sebagai tempat tinggal dari roh-roh yang menjaga Pura.
Pada malam hari biasanya orang-orang datang untuk memancing di pantai mangrove di sisi Pura. Ratusan umat dari seluruh Bali akan mengunjungi Pura pada Hari Kuningan, karena pada hari ini merupakan hari rahinan di Pura ini. Kuningan adalah hari yang dikhususkan untuk Dewa Wisnu yang membawa kesejahteraan bagi dunia. Untuk umat Hindu di Bali, Kuningan adalah suatu waktu dimana para leluhur kembali ke langit setelah barada di Bumi.

Ada berbagai cara yang dilakukan pemerintah untuk melindungi hewan-hewan langka yang jumlahnya sudah semakin berkurang. Salah satu binatang langka yang dilindungi habitatnya adalah penyu hijau. Obyek wisata air Tanjung Benoa Bali, selain menyediakan Bali watersport, juga menyediakan paket wisata berkunjung ke pulau penyu di Tanjung Benoa dan melihat taman laut lepas pantai. Obyek pulau penyu di Tanjung Benoa, dikelola secara swadaya oleh masyarakat Tanjung Benoa, yang sebelumnya sebagian besar bekerja sebagai nelayan.
Keluarga yang membawa anak-anak kecil, sangat cocok mencoba paket wisata pulau penyu Tanjung Benoa. Sejauh 300-500 meter wisatawan akan diajak ke tengah laut. Bersama pemandu anda akan menaiki perahu bermotor yang di bawahnya terdapat kaca bening. Dari atas perahu, anda dapat menikmati indahnya pemandangan bawah laut tanpa harus menyelam. Terumbu karang, bermacam-macam ikan hias, tumbuh-tumbuhan laut serta binatang laut lainnya yang sangat terjaga kelestariaanya. Jangan lupa membawa roti, agar anak-anak dapat memberi makan ikan-ikan yang sedang berenang dari atas perahu. Pejalanan ini berlangsung sekitar 15 menit.
Setelah puas melihat dan memberi makan ikan, maka perjalanan akan dilanjutkan ke pulau penyu di Tanjung Benoa, yang menempuh waktu selama 15 menit. Indahnya pantai Tanjung Benoa dengan kapal-kapal yang sedang bongkar muat, pesawat terbang yang lepas landas serta kawasan hotel murah hingga berbintang, dapat anda nikmati di atas perahu bermotor.
Setelah sampai di pulau penyu, pemandu akan dengan senang hati mengajak anda melihat-lihat penyu hijau. Anak-anak akan diperkenalkan bagaimana cara memelihara penyu, penyu yang akan menetaskan telornya, telor penyu yang baru menetas, serta penyu yang sudah berumur ratusan tahun. Jangan lupa mengabadikan aktivitas ini dengan berfoto-foto bersama penyu tersebut. Di tempat penangkaran penyu ini, anda juga dapat menjumpai binatang lain. Seperti monyet, ular, burung elang, burung kakak tua, dan kelelawar. Pemandu akan dengan senang hati menemani anda berfoto bersama binatang-binatang tersebut.
Pulau penyu Tanjung Benoa, tempat wisata di Bali untuk rekreasi anak-anak. obyek wisata ini lebih bersifat mendidik dan menambah wawasan anak anda.
Selama 1 jam berkunjung ke pulau penyu Tanjung Benoa, perjalanan akan dilanjutkan dengan kembali ke dermaga, menumpangi kapal boat yang mengantar sebelumnya. Anak-anak tentunya senang dengan kegiatan ini. Obyek wisata ini lebih bersifat mendidik dan menambah wawasan anak-anak tentang lingkungan air dan hewan-hewan yang sudah langka keberadaannya.

new1 new2 new3 new4 new5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>